Didi - 082274815151 didi.julfriansyah@gmail.com

 

Tak bisa disangkal apabila smartphone menjadi salah satu kebutuhan primer saat ini. Bagi sebagian kalangan, selain mengutamakan penampilan, performa dan memiliki daya tahan baterai, salah satu syarat dalam memilih smartphone adalah tahan banting.

Khusus bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan outdoor, diperlukan perangkat yang tak hanya tahan benturan saat terjatuh, tetapi perangkat itu juga harus tahan terhadap debu atau kotoran lainnya. Bahkan, ada pula yang mensyaratkan smartphone harus memiliki daya tahan ketika ia jatuh ke permukaan air dalam jangka waktu cukup lama.

Berikut adalah 4 smartphone tahan banting yang mungkin dapat menjadi pilihan Anda.

 

1. CAT S60

CAT S60 dipasarkan dengan harga Rp 8 jutaan dan menggunakan dapur pacu Snapdragon 617 Octacore dengan RAM 3 GB. Salah satu keunggulan dari smartphone yang mengandalkan OS Android Marsmallow ini adalah daya tahan baterai yaitu 3800 mAh serta kamera 13 megapiksel untuk bagian belakang dan 5 megapiksel di bagian depan serta dilengkapi sensor panas.

 

2. Sony Xperia Z5 Dual

Walau desainnya terkesan kaku, bodi Sony Xperia Z5 Dual diklaim tahan terhadap debu dan air hingga kedalam 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Karena kemampuannya tersebut, smartphone yang dipasarkan dengan harga Rp 9 jutaan ini berhasil meraih sertifikasi militer IPS65 dan IP68.

Xperia Z5 Dual mengandalkan layar IPS berukuran 5,2 inci dengan resolusi layar 1080p. Smartphone ini mengandalkan prosesor SoC Snapdragon 810 Octacore 1.5GHz, GPU Adreno 430 dengan RAM 3GB. Baterai yang digunakan memiliki kekuatan 2900 mAh dan diklaim dapat bertahan hidup selama dua hari.

 

3. Polytron Prime 7

Keunggulan Polytron Prime 7 terdapatkan ‘Break Resistant’. Klaim Polytron menyatakan, bodi smartphone ini menggunakan kontruksi frame metal dan teknologi Nano Molding yang membuatnya tahan banting ketika smartphone ini jatuh. Selain itu, layarnya sudah mengandalkan IPS Retina Display dan Gorilla Glass dengan Native Damage Resistant yang membuatnya kuat namun tetap ringan dan enak digenggam.

Prima 7 menggunakan prosesor Mediatek Octacore ARM Cortex A53 1.5GHz 64 bit dengan RAM 3GB. Mengandalkan memori internal 32GB, smartphone dengan harga Rp 2 jutaan ini diperkuat oleh baterai 2900mAh. Prime 7 memiliki kamera utama 13MP plus pendeteksi wajah dengan teknologi Anti Reflection Coating. Sementara kamera depannya berkekuatan 8MP dengan fitur wide-angle.

 

4. Samsung Galaxy S7 Active

Samsung tidak ketinggalan dalam memperkenalkan smartphone tahan banting. Melalui Galaxy S7 Active yang resmi dipasarkan di Amerika, smartphone ini diklaim sanggup menahan benturan saat jatuh dari ketinggian 122 cm. Sementara layar Amoled 5.1 yang digunakannya juga dibekali fitur anti retak.

Ketangguhan Galaxy S7 Active juga terdapat dari pemakaian baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Sama seperti keluarga Galaxy S7 lainnya, smartphone ini juga mengandalan prosesor qu-core Snapdragon 820, RAM 4GB dan internal storage 32GB dengan slot microSD. Selain itu, terdapat pemindai jari serta kamera 12 MP dengan slot microSD.