Didi - 082274815151 didi.julfriansyah@gmail.com

Mobil dengan transmisi otomatis di beberapa kota besar di Indonesia populasinya semakin besar. Salah satu keuntungan memilih transmisi otomatis karena dapat menghemat energy, khususnya saat melintas di jalanan padat.

Nah, di balik kenyamanan menggunakan mobil yang bertransmisi otomatis ini, apakah Anda mengetahui arti dan fungsi di balik huruf dan angka yang ada di panel tuas transmisi otomatis? Umumnya, huruf yang tertera adalah P-R-N-D dan L. Ada juga tuas transmisi dengan konfigurasi P-R-N-D-2-1.

Lalu, apa sebenarnya fungsi huruf maupun angka yang terdapat di tuas transmisi?

1. P (Park)

Mode ini digunakan ketika mobil dalam posisi berhenti dengan waktu cukup lama. P juga digunakan saat parkir dengan kondisi mesin mati. Posisi ini juga digunakan untuk mengaktifkan mesin dan melepas anak kunci.

 

2. R (Reverse)

Sesuai namanya, R digunakan untuk memundurkan mobil. Kegunaannya sama seperti pada transmisi manual.

 

3. N (Neutral)

Pada posisi N, transmisi bebas dan tidak ‘mengunci’ sehingga mobil masih bisa digerakkan atau didorong ketika parkir paralel.

 

4. D (Drive)

Mode D di transmisi otomatis berfungsi untuk menggerakkan mobil maju.

 

5. 2 atau S (Second)

Posisi untuk bergerak maju dan ideal untuk kondisi jalan di medan pegunungan karena transmisi hanya bekerja di gigi 1 dan 2. Saat berada di jalanan menurun, posisi ini juga berfungsi sebagai engine brake.

 

6. 1 atau L (Low)

Posisi ini untuk bergerak maju dengan gigi 1. Mode 1 atau L ideal digunakan untuk menanjak dari basement atau turunan yang agak curam agar mobil tidak meluncur kencang.