Didi - 082274815151 didi.julfriansyah@gmail.com

Hyundai Indonesia memperkenalkan MPV bongsor Hyundai H-1 terbaru dengan banyak ubahan. Salah satunya desain bagian depan mobil yang diklaim untuk melindungi pejalan kaki atau disebut pedestrian protection compliance.

Dikatakan Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Mukiat Sutikno, desain tersebut ditujukan sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti menabrak pejalan kaki, agar korban tidak mengalami cedera parah.

“Kalau sekarang kan bukan begitu, mobil tabrakan kok kelihatannya hancur tapi orangnya nggak kenapa-kenapa, karena seharusnya mereka yang absorb, termasuk juga kalau mereka nabrak orang kalau bisa mobilnya ini yang absorb, supaya efek hancur orang-nya seminimal mungkin karena mobil ini yang absorb,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Desain yang disebut melindungi pejalan kaki itu lanjut Mukiat menjelaskan lebih kepada struktur bagian depan eksterior mobil, yang dibuat sedemikian rupa.

“Struktur overall depanya termasuk grille depan-nya apa segala macam, karena harus cukup aman tapi jangan terlalu keras sampai akhirnya kalau nabrak orang malah itu yang menghancurkan orang itu,” lanjutnya.

Apa saja pembaruan yang menonjol di New H-1 2018 ini?

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Direktur Hyundai Mobil Indonesia, menjelaskan secara umum varian baru H-1 ini memiliki desain yang lebih bergaya, modern, dan dinamis. Sementara pilihan warna ada empat; tan brown, silver metalic, timeless black, dan artic white.

“Total ada 14 desain baru yang disematkan pada New Hyundai H-1. Sementara mesin yang ditawarkan ada dua; bensin dan diesel,” ungkap Hendrik di tempat sam.

Dari sisi eksterior, beberapa pembaruan ditemukan seperi pada gril depan dengan desain horizontal, bemper depan, desain baru lampu kabut dengan lampu utama proyektor dengan teknologi LED. Kemudian desain baru pada electric outside folding mirror dengan LED side repeater, serta pelek baru dengan ukuran ban 235/60 R17.

Sementara di sisi samping dan belakang pembaruan terjadi pada side list krom, desain spoiler belakang dengan high mount stop lamp, desain lampu kombinasi belakang dengan LED.

Sisi interior juga mendapat pembruan yang tak kalah menariknya. Lihat saja fitur tilt dan teleskopik dengan lingkar kemudi berbahan kulit. Kemudian ada auto ligth control, pattern baru jok kulit, dan audio 2DIN DVD dengan monitor layar sentuh yang mendukung CD, MP3, bluetooth serta smartphone Android dan iOS. Selanjutnya, jok kulit Ottoman elektrik untuk tipe Royale dan jok baris kedua untuk tipe XG dan Elegance yang dapat diputar 180 derajat. Dan terakhir, glove box pendingin sebagai kelengkapan standar.

Hyundai H-1 ini memiliki total 14 ubahan baik dari interior maupun eksterior mobil. Mobil baru akan diluncurkan secara resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018