Didi - 082274815151 didi.julfriansyah@gmail.com

Hyundai Creta tidak diberi kesempatan untuk berkumpul bersama lini SUV di sini. Pasalnya, Creta dinilai sulit bersaing dengan kompetitor segmen LSUV. Disebut oleh Deputy Marketing Director HMI, Hendrik Wiradjaja, Creta bukan untuk pasar Indonesia.

“Pertama Hyundai Creta itu di India mesinnya 1.600 cc. Kalau dibawa ke sini pajaknya sama seperti mesin 2.000 cc. Kemudian karena diproduksi di India maka kena pajak impor sekitar 5 persen. Beda kalau diproduksi di Thailand itu pajaknya nol persen,” tutur Hendrik di diler Hyundai Simprug, Jakarta (1/4). Melihat silsilah, Creta paling bontot dari lini SUV Hyundai. “Kalau diurutkan itu Creta, Kona, Tucson, Santa Fe dan yang paling baru ada Palisade,” ucap Hendrik.

Dijelaskan lebih lanjut, dengan kondisi itu, harga bakal sulit ditekan. Creta kurang nilai kompetitifnya. Padahal segmen LSUV, salah satu yang berat persaingannya di Indonesia. Sebagai kompetitornya, Creta yang punya bekal mesin 1,6 liter bensin tentu bakal dipasangkan dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, HR-V dan Suzuki SX4 S-Cross. Semua lawan itu menggendong mesin 1,5 liter yang lebih ekonomis.

Semua lawan itu menggendong mesin 1,5 liter yang lebih ekonomis maupun pajak yang lebih murah. Creta sendiri punya opsi diesel 1,4 liter. Namun bisa jadi kurang populer bagi masyarakat Indonesia. Dari spesifikasi di India, Creta memakai mesin 1,6 liter dual valve timing (katup variabel ganda) dengan daya 123 PS dan torsi puncak 151 Nm. Sedang untuk mesin diesel 1,4 liter CRDi punya tenaga 90 PS dan torsi puncak 259 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis 6-speed. Creta sendiri punya opsi diesel 1,4 liter. Namun bisa jadi kurang populer bagi masyarakat Indonesia.

Bila melihat ukurannya, Creta lebih cocok masuk di kelas crossover yang menjadi lahan Honda HR-V. Ukurannya tergolong besar, panjangnya 4.270 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.630 mm dan wheelbase 2.590 mm. Ground clearance-nya setinggi 190 mm yang sangat memadai untuk beragam kondisi jalan. Di India, lawan-lawannya antara lain Maruti Vitara Brezza, Ford Ecosport dan Renault Duster.

Di India Creta jadi produk eksklusif, meski harganya tak tergolong murah. Dalam kurun empat bulan sejak resmi diperkenalkan, pemesanan membludak ke angka 70.000 unit. Sementara di waktu sama, lebih dari 15 ribu unit pemesanan dari internasional, termasuk Mesir, Panama, Kosta Rika, Uni Emirat Arab, Kolombia, Moroko, Saudi Arabia, Peru dan Nigeria. Poin yang jadi daya tarik termasuk desain, pilihan jantung mekanis, transmisi, fitur dan merek Hyundai sendiri. Namun yang paling menawan adalah value for money.
Creta punya nama lain, Hyundai ix25 dan lahir pada 2014. Pertama dipasarkan di Beijing, Cina pada tahun yang sama. Sedang tahun berikutnya lahir di India sebelum akhirnya mendunia. Sayang, produk bontot SUV Hyundai itu tidak bakal mampir ke Indonesia.